Perbedaan VGA Quadro dan GeForce



Sering dapat pertanyaan:
  • Membeli PC Workstation untuk kebutuhan software graphic designer 3D (AutoCad, 3ds MAX, rendering task), atau juga untuk aplikasi Geospatial spesifikasi PC apa yang cocok?
  • Apakah VGA Mainstream sekelas GTX550 1GB DDR5 192bit atau bahkan di atasnya bisa digunakan untuk kebutuhan di atas?
  • Mengapa VGA Quadro (berikut disebut Quadro) harganya jauh lebih mahal, sedangkan jika dilihat spesifikasinya jauh lebih rendah dibandingkan dengan VGA Mainstream (berikut disebut GeForce)?

Pemilihan VGA untuk Gaming dan Workstation (Toys vs Tools)
Secara gambaran sederhana.VGA Gaming mostly digunakan untuk READ sedangkan VGA Workstation untuk WRITE

Pegguna PC Workstation ini menginginkan harapan yang tinggi akan sistem hardware. PC ini digunakan sebagai tools bukan toys. Mereka perlu bekerja dengan PC ini. Tugas utamanya adalah untuk mendesain, membuat gambar serta mendemonstasikan hasil kerja dengan performa baik. Waktu sangat berharga, jadi hal-hal seperti CRASH, BUGS ataupun DELAY dalam kerja harus ditiadakan.

Quadro vs GeForce, ada perbedaan amat mendasar yang dimiliki oleh Quadro namun tak dimiliki oleh GeForce

  • Anti-aliased points and lines untuk wire frame display
  • OpenGL logic operations - penting untuk proses rendering pada aplikasi CAD atau 3Ds Max
  • Kecepatan Quadro hingga delapan (8x) clip regions (GeForce hanya support 1x saja)
  • Hardware accelerated clip planes
  • Optimalisasi pada penggunaan Memory unutk multiple graphics windows
  • Support for two-sided lightning
  • Hardware Overlay Panes
  • Support for quad-buffered stereo for shutter glasses

Last but not least, Quadro compatible dengan aplikasi yang umumnya digunakan seperti Alias, Adobe, Autodesk, Avid, Bentley, Dassault, Discreet, Multigen-Paradigm, Newtek, Nothing Real, Parametric Technology Corp. (PTC), SDRC, Softimage, SolidEdge, SolidWorks, and Unigraphic dan memberikan jaminan bahwa tiap aplikasi bisa berjalan dengan sempurna.

Quadro memang bagus untuk rendering, tapi mungkin rendering frame rate di viewport...misal kita ngegerakin objek2 yg dibuat dalam di 3dsmax/maya(3d design program yg lain) menjadi lebih ringan...biasanya quadro itu digunakan untuk membuat simulasi gerakan di viewport di satu scene, jadi bisa jadi dalam 1 scene tersebut banyak polygon dan ada benda yangg harus digerakan bersama sama.


disitulah quadro berperan. Atau quadro juga berperan waktu kita mensimulasi particle di scene untuk menghasilkan effetc api,atau asap tapi klo yg dimaksud untuk rendering output()jpeg, png, tiff) quadro tidak bisa berperan tinggi..karena biasanya CUDA core nya sedikit. 
Untuk rendering output lebih baik pake GTX yg CUDA corenya banyak yg bekerja sama dengan CPU untuk render output. Mungkin lebih baik menggunakan GTX daripada quadro yg mahal, kalo scene kita masih sederhana(dihitung dari jumlah polygon, vertex, edge)

5 Responses to "Perbedaan VGA Quadro dan GeForce"

  1. Gan saya mau nanya, seri di quadro itu (misal) quadro K2000, quadro 2000, dan ada juga K2000D.
    ini perbedaannya apa ya gan? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. bwt render video apakah bagus pake quadro atau gtx gan ?? dstu soal.a cma bwt render gambar desain tinggi

    ReplyDelete
  3. Apakah nvs 4200 itu juga quadro

    ReplyDelete